Cara Menangani 6 Masalah iOS 8 Yang Paling Menyebalkan

Cara Menangani 6 Masalah iOS 8 Yang Paling Menyebalkan ini merupakan lanjutan dari artikel tentang Tips Menangani Masalah Wi-Fi dan Battery iOS 8, dan kali ini penulis akan share 6 masalah sekaligus. Seperti yang diakatakn di artikel sebelumnya, bug pada produk baru mungkin sesuatu yang tidak bisa terhindarkan bagi Apple, ini tidak hanya terjadi pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tetapi juga sering te terjadi pada iPhone 4S, iPhone 5 dan iPhone 5S. Dengan segudang fitur baru yang dibawanya namun semua itu sepertinya tidak cukup membuat orang senang, karena adanya masalah yang tidak sedikit.

Cara Menangani 6 Masalah iOS 8 Yang Paling Menyebalkan
iOS 8 & iPhone 6 Review
Ok, langsung saja kita lanjutkan dari bug 3, selamat membaca.

Related Article - Efek Negatif Instal iOS 8 di iPhone 4S

Bug 3: Sound Tidak Kedengaran
Sound tidak kedengaran mungkin akan sangat menjengkelkan ya, tapi tenang aja, ada cara gampang nan simple untuk menangani ini.

Solusi terbaik: adalah dengan cara menahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home bersamaan selama 10 detik atau lebih sampai restart dan melihat logo Apple. Masuk ke menu Settings->General, tepat dibawah Use Side Switch To, pastikan mode Mute tidak aktif. Alternative lain adalah dengan menggesek  icon di kanan Control Center. Dan lihatlah apa yang terjadi.

Bug 4: Sinkronisasi Sangat Lama Bahkan Tidak Berfungsi
Banyak yang telah mengalami hal ini, dan kebanyakan ini terjadi setelah mereka menginstal iOS 8 dan harus merestore perangkatnya.

Cara penanganan:
Misalnya jika anda library music, video, atau ebook yang cukup besar, mungkin anda harus menghapus semuanya dan mencoba untuk mensinkronkannya kembali.

Solusi Terbaik:
  1. Masuk ke iTunes terus pilih perangkat anda di kolom kiri, dibawah Summary dibagian Options terdapat pengaturan music dan video. Jika sudah tercentang coba di uncheck, dan centang lagi. Anda mungkin memerlukan beberapa kali sinkronisasi, anda juga mungkin harus menonaktifkan iTunes Match yang terdapat di bawah Settings->Musics.
  2. Anda juga bisa mencoba menghubungkan iPhone ke iTunes di computer, kemudian buka Settings->General->Usage->Manage dan hapus semua musics. Pilih tab music di iTunes dan hilangkan centang sync Music Box terus Apply, Lalu centang kembali, seharusnya bisa sudah bisa sinkron lancer jaya.

Bug 5: Masalah Group Conversation dan iMessage Tidak Bisa Mengirimkan Pesan
Beberapa orang telah mengalami hal ini dimana setalah mereka melakukan update iOS 8 terbaru. iMessage tidak bisa mengirimkan pesan dan fitur group conversation juga bermasalah, dimana hasil percakapan dirubah menjadi pesan teks/SMS.

Cara Penanganan:
Jika anda memiliki history percakapan, mungkin sebaiknya dihapus dulu. dan jika anda akan menggunakan fitur group conversation lagi meskipun dengan orang yang sama. hasilnya tidak akan default SMS lagi.

Solusi Terbaik:
Jika iMessage tidak bisa mengirimkan pesan sama sekali, mungkin anda bermasalah dengan aktivasi pesan. Masuk ke menu Settings->Messages, nonaktifkan Send As SMS dan iMessage. Kemudian masuk ke menu Settings->General->Reset dan pilih Network Reset Settings. Kemudian aktifkan kembali Send As SMS dan iMessage dengan cara yang sama.

Bug 6: BSOD dan Reboot Acak
Gejala yang ditimbulkan masalah ini adalah Reboot secara acak, crash, blue screen, dan ini biasanya setelah update ke iOS 8.

Solusi terbaik:
Masuk ke menu Settings->General->Reset, pilih Reset All Settings. Tenang aja ini tidak akan mempengaruhi/menghapus data-data dan aplikasi, anda hanya diharuskan untuk memasukkan kembali password untuk masuk ke layar utama. Masalah ini mungkin ditimbulkan oleh aplikasi, jadi anda coba untuk menghapus satu persatu aplikasi tersebut atau anda bisa memilih untuk mereset perangkat anda menjadi reset default pabrik.

Bug 7: Safari Tidak Bisa Mengupload Photo
Kabarnya browser safari tidak dapat mengupload photo untuk situs web apapun, apa anda juga mengalami hal ini.?

Cara penanganan:
Jika anda ingin mengupload photo ke situs web entah ke situs social media, sebaiknya anda menggunakan browser lain seperti Puffin atau Chrome.

Solusi Terbaik: Tunggu update safari berikutnya. Karena ini memang adalah bug mobile yang nyata.

Related Article - Cara Menangani Masalah iOS 7

Bug 8: Masalah Spotlight dan Hasil Pencarian
Fitur spotlight belum sepenuhnya bisa bekerja, banyak yang sudah mengalami hal ini, dimana saran yang diberikan fitur ini jauh dari harapan. Jika anda ingin mencobanya, masuk ke menu Settings->General->Spotlight Search. Begitupun juga dengan hasil pencarian yang diberikan Bing, bisa anda aktifkan juga dengan cara yang sama. O iya, pastikan dulu spotlight ini support di Negara anda. Karena kemampuannya masih terbatas untuk beberapa Negara saja. Bisa anda lihat daftar Negara-negara yang di support di  web Apple.

Solusi:
Masuk ke menu Settings->General->Language & Region dan pilih negara yang didukung. Pastikan bahasa dan lokasi anda cocok kemudian restart smartphone anda.

Ok, Well, Demikian artikel tentang Cara Menangani 6 Masalah iOS 8 Yang Paling Menyebalkan kali ini, nantikan artikel selanjutnya masih ada 7 bug lagi. semoga bermanfaat. :)