22 Cara Menghemat Battery iPhone (Chapter 2)

Cara Menghemat Battery iPhone, akhirnya artikel chapter kedua ini selesai juga. Ok well, jika di chapter pertama anda belum menemukan solusi untuk masalah iPhone anda, semoga di chapter 2 ini anda menemukan solusinya. Namun jika tidak ada, anda bisa merequest topik yang ingin dibahas di blog ini. Seperti chapter 1 dikatakan bahwa maslah battery adalah masalah yang popular pada beberapa produk Apple yang sering membuat penggunanya frustasi. Tapi jangan diambil pusing, saya punya 22 solusi untuk anda terapkan.

22 Tips Menghemat Battery iPhone
iPhones
Berikut tips menghemat battery iPhone chapter 2 untuk anda:

Tips 10: Selalu Gunakan Wi-Fi
Penggunaan Wi-Fi dalam bergeriliya di internet lebih dianjurkan untuk urusan penghematan battery, sebab jika anda menggunakan koneksi smartphone anda akan menyebabkan battery cepat habis apalagi jika berada diruangan tertutup smartphone tentunya akan memerlukan sinyal yang lebih keras. Oleh karena itu Wi-Fi lebih dirokendasikan, harap matikan koneksi Wi-Fi jika anda suda berada diuar zone Wi-Fi.


Tips 11: Matikan Download Otomatis
Banyak aplikasi yang terupdate secara otomatis di iPhone, terkadang  waktu updatenya pada saat yang kurang tepat, Inilah yang membuat battery anda cepat terkuras habis. Anda bisa mematikan  fitur download otomatis ini dengan masuk ke menu Settings->iTunes & App Store kemudian noneaktifkan Use Cellular Data, sehingga nantinya hanya update melalui Wi-Fi saja. 

Tips 12: Gunakan Aplikasi Penghemat Battery
Penulis menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi Battery Doctor sebagai tambahan dalam mengatur sumber daya battery anda. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengatur sumber daya dengan mudah, mematikan aplikasi-aplikasi yang rakus battery, dan memberitahu anda kapan harus mengisi ulang battery.

Bisa anda download di iTunes, atau di Official Site.

Tips Menghemat Battery iPhone AirDrop
AirDrop
Tips 13: Matikan AirDrop
Anda bisa mematikan fitur AirDrop ini dengan hanya menggeser jari anda dari bawah ke atas untuk memunculkan Control Center.

Tips 14: Kurangi Waktu Auto-Lock
Ketika anda menonaktifkan fitur ini iPhone akan membutuhkan sejumlah waktu untuk mengubah layar menjadi off. Anda bisa mesettingnya melalui menu Settings->General->Auto-Lock. Atur waktunya sesingkat mungkin atau senyaman anda, agar si iPhone terbebas dari bantingan.

Related Article - Tips Keren iOS 7 Terungkap

Tips 15: Matikan Fitur Location Service
Fitur Location Service berguna untuk melacak lokasi anda, baik buruknya, berguna atau tidaknya bergantung pada kebutuhan masing-masing. Tetapi fitur ini dapat menguras lebih banyak battery, sehingga anda mungkin perlu menonaktifkannya dengan masuk ke menu Settings->Privacy->Location Service, matikan semua aplikasi pelacak lokasi anda. Adapun cara yang lebih mainstream adalah dengan masuk ke menu Settings->Privacy->Location Services->System Services kemudian matikan Frequent Location, Diagnostics & Usage, dan Location Based iAds.

Tips 16: Jangan Terlalu Sering Streaming
Streaming menggunakan koneksi smartphone selain menguras banyak pulsa, juga menguras battery. Sehingga lebih baik menggunakan Wi-Fi untuk streaming jika memang mendadak. Tetapi akan lebih baik lagi jika anda mendownloadnya terlebih dahulu dan menikmatinya kemudian atau dengan menghubungkan iPhone anda ke iTunes dan memilih download movie atau music di rumah saja.

Tips 17: Edit Spotlight Search
Spotlight Search adalah fitur pencarian pada iPhone, anda bisa mengubah settingan untuk memfilter pencarian, dan menampilkan hasilnya lebih cepat. Anda bisa melakukan ini dengan masuk ke menu Settings->General->Spotlight Search, kemudian hapus semua yang ada di daftar pencarian.


Tips 18: Aktifkan Mode Pesawat / Matikan 
Kadang ketika pada momen tertentu smartphone anda perlu di matikan/ubah ke mode pesawat, misalnya ketika anda berada di pesawat, kereta bawah tanah atau tempat tidak ada sinyal. Daripada smartphone anda dibiarkan melakukan scanning jaringan terus menerus ditempat yang tidak memungkinkan kan lebih baik dimatikan saja.

Tips 19: Cek Update Terbaru
Pada iOS 8 ini, fitur update sangat membantu untuk memperbaiki bug-bug yang ada. Kadang hal ini juga bisa meningkatkan daya tahan battery anda, sehingga pastikan untuk selalu update. Cara cek update dengan masuk ke menu Settings->General->Software Update.

Tips 20: Gunakan Battery Eksternal 
Sebelum membeli, pastikan anda mendapatkan produk iPhone yang asli karena ada banyak sekali pilihan diluar sana. Selain itu dapatkan battery tambahan sebagai cadangan atau anda bisa membelinya di Apple Store.

Tips 21: Gunakan PowerBank
Jika battery cepat habis, penggunaan powerban akan sangat membantu. Anda bisa menggunakan smartphone anda lebih lama dari biasanya.

Tips 22:Tes Battery di Apple Store
Jika lokasi anda dekat dengan Apple Store, silahkan ajukan permintaan untuk tes kesehatan battery anda. Mereka pasti akan memberitahu seluk beluk masalah battery anda.


Demikian akhir artikel tentang Cara Menghemat Battery iPhone kali ini, semoga bermanfaat. :)