iOS 8 Anda Bermasalah, Berikut Cara Menanganinya

Artikel tentang iOS 8 Anda Bermasalah, Berikut Cara Menanganinya kali ini merupakan lanjutan dari Cara Menangani Masalah Wi-Fi dan Battery iOS 8 dan Cara Menangani 6 Masalah iOS 8 Yang Paling Menyebalkan. Seperti yang dikatakan artikel-artikel sebelumnya, meskipun iOS 8 membawa banyak perubahan seperti experience pengguna, kemampuan kustomasi keyboard, tambahan aplikasi baru, fitur-fitur baru, ada Health app, iCloud Drive baru,  fitur iMessage baru, dan beberapa fitur baru kamera. Namun bagaimana jika dari kelebihan-kebelihan tersebut ternyata iOS 8 bermasalah pada kinerja yang lamban, hotspot tidak muncul, tidak bisa mengisi battery, aplikasi kamera terbalik, layar redup, dan tidak bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim sms.

iOS 8 Anda Bermasalah, Berikut Cara Menanganinya
iOS 8
Jadi, bisa apa kita masalah tersebut? Tapi anda tidak perlu khawatir berlama-lama, tidak perlu sampai main banting segala. Karena disini sudah ada solusi untuk anda, ok langsung saja kita lanjutkan dari bug 9, selamat menikati:

Baca juga - Free download MS-DOS dan MS-WORD Source Codes 

Bug 9: Kinerja Lamban
Ternyata iOS 8 memang lambat terutama pada iPhone dan iPad. Apalagi jika perangkatnya lebih tua, menurut hasil uji coba yang dilakukan antara iPhone 4S + iOS 7 dan iPhone 4S + iOS 8, ternyata perubahan kinerja yang dihasilkan sangat signifikan, kinerja iPhone 4S + iOS 8 menjadi sangat lambat.

Cara penanganan:
Jika perangkat anda menggunakan iPhone 4S, sebelum upgrade ke iOS 8, sebaiknya jangan ada pikiran untuk mengupgrade, tetaplah gunakan iOS 7. Namun apabila sudah terlanjur menggunakan iOS 8, anda harus mendowngradenya ke iOS 7 segera, karena ketika anda sudah beralih ke OS yang lain maka Apple akan segera menghapus anda dari daftar OS bersangkutan, dan mendaftarkan anda di OS yang akan anda gunakan. Jika update iOS 8 anda sudah terlanjur terinstal, maka anda membutuhkan Salinan iOS 7 firmware dalam bentuk file IPSW, file tersebut biasanya terbentuk ketika anda melakukan update di komputer anda, coba di cek dulu apakah masih ada. Jika tidak ada, anda bisa mendapatkannya di Redmond Pie

Kemudian masuk ke menu Settings->iCloud, matikan Find My iPhone. Sambungkan iPhone anda ke iTunes, setelah memilih perangkat lalu ke perhatikan ke tab Summary. Kemudian tahan tombol Shift dan klik kiri pada Restore atau jika anda menggunakan Mac tekan tombol Option dan Restore lalu pilih file iOS 7.1.2 IPSW. Yang perlu dicatat adalah anda akan mendapatkan aplikasi dan settingan terakhir jika anda memiliki backup-an yang valid sewaktu masih menggunakan iOS 7.

Solusi Terbaiknya adalah Anda dapat menunggu update terbaru, ada kemungkinan Apple akan melakukan perbaikan dalam setiap update iOS 8 yang di releasenya, meskipun tidak ada jaminan untuk itu.

Bug 10: Masalah Hotspot Tidak Muncul
Setelah melakukan update ke iOS 8, banyak orang terheran-heran tentang mengapa banyak sekali bug yang muncul, ditambah lagi Personal Hotspot yang menghilang dari menu Settings. Tapi anda tidak perlu khawatir, ada solusi simple yang perlu anda lakukan.

Solusi terbaiknya adalah, masuk ke menu Settings->Cellular->Cellular Data dan ketik username lalu kembali ke pilihan Personal Hotspot di Settings. Jika tidak berhasil, masuk ke menu Settings->Mobile Data->APN Settings dan pastikan setingan operator anda sama dengan Personal Hotspot anda.

Baca juga - Tips keren iOS 7 Terungkap

Bug 11: Tidak Bisa Mengisi Baterai atau Pengisian Sangat Lambat
Kedua masalah ini memang disebabkan karena melakukan update iOS 8. Anda bisa menerapkan cara dibawah ini:

Solusi Terbaik:
Tujuan utama Apple adalah anda harus menggunakan charger dan kabel yang asli dan resmi meskipun sebenarnya masalah terjadi pada yang asli maupun palsu. Tahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home sampai perangkat anda restart dan melihat logo Apple. Jika punya charger dan kabel iPad, coba cas iPhone anda menggunakan itu atau sebaliknya, anda harus mencobanya sampai mendapat kombinasi yang pas, jika hal tersebut berjalan dengan baik, pengisian battery iPhone anda akan jauh lebih cepat. 

Bug 12: Aplikasi Camera Terbalik
Setelah update ke iOS 8, pada aplikasi kamera anda akan menemukan bahwa bar bagian atas terbalik, jadi berefek pada pengambilan foto juga, harus terbalik meskipun menggunakan aplikasi seperti Instagram.
Solusi: bukan aplikasi Compass dan sesuaikan dengan perangkat anda, sekarang tahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home sampe restart dan muncul logo Apple. 

Bug 13: Layar Tidak Cerah / Cukup Redup
Setelah update ke iOS 8, kesalahan juga terjadi pada kecerahan layar, ini terjadi pada iPhone dan iPad, layar tiba-tiba meredup saat digunakan meskipun fitur auto-brightness nonaktif.

Solusi Terbaik:
Coba masuk ke menu Settings->Accessibility->Increase Contrast, nonaktifkan Reduce White Point Tetapi jika ada masalah dengan fitur auto-brightness juga, coba masuk ke Settings->Display & Brightness, setting sampai kecerahan terendah. Sebagian mengatakan bahwa bug ini akan normal setelah menonaktifkan Zoom di menu Settings->Accessibility.

Bug 14: Notifikasi Macet
Apakah anda pernah mengalami hal ini, dimana ketika ada notifikasi muncul tapi tidak mau menghilang lagi atau malah nyangkut. Mengklik, menggeser pun tidak menyelesaikan masalah, penyebab masalah ini sering terjadi ketika anda menonton video dengan mode landscape.

Cara Penanganan:
  1. Tekan tombol Home
  2. Memutar iPhone anda dari landscape ke portrait dan seterusnya
  3. Matikan layar iPhone anda berulang-ulang
Solusi terbaik adalah harus menunggu update berikutnya, Sabar. ^_^

Bug 15: Tidak Bisa Mengirim SMS dan Menelpon
Banyak laporan yang terkait dengan masalah ini, mulai dari jenis iPhone 4S sampai terbaru. Tidak bisa melakukan panggilan dan mengirim pesan tetapi bisa menerima

Solusi Terbaik:
  1. Tutup semua aplikasi yang terbuka, lalu tekan tombol Sleep / Wake dan tombol Home bersamaan sampai restart dan muncul logo Apple. Jangan menggunakan mode pesawat, cobalah untuk memanggil nomor yang tidak diblokir, coba diperiksa kembali daftar nomor yang anda blokir ada di menu Settings->Phone->Blocked.
  2. Matikan perangkat anda, cabut sim card dan pasang kembali. Kemudian reset jaringan anda dengan cara masuk ke menu Settings->General->Reset->Reset Network Settings.
  3. Masuk ke menu Setting->Cellular dan atau ke menu Settings->Mobile, dan ganti setingan Voice & Data.
  4. Hubungi operator anda untuk informasi lebih lanjut terkait masalah ketersediaan jaringan di lokasi anda atau kontrak layanan.
Solusi Pamungkas:
Jika masih bermasalah, coba reset iPhone anda seperti baru dengan melakukan reset di menu Settings->General->Reset->Reset All Content and Settings kemudian click Erase iPhone. Cara tersebu adalah untuk mereset ke settingan pabrik jadi sebelum melakukan itu, cobalah untuk Mengecek ketersediaan Update di iTunes dulu, kemudian baru melakukan Backup dan Restore di iTunes.

Baca juga - Cara instal iOS 7

Demikian artikel tentang iOS 8 Anda Bermasalah, Berikut Cara Menanganinya kali ini, baru 15 masalah yang bisa ditemukan, jika ada masalah baru lagi akan penulis share pada artikel selanjutnya. Semoga Bermanfaat. :)