Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru

Rahasia Baru Android 5.0 Lollipop yang juga bisa dibilang Android L setelah kemunculannya menawarkan banyak hal-hal baru, UI baru, kinerja yang lebih mantaf. Selain itu Android Lollipop juga tersedia untuk berbagai perangkat seperti smartphone layar besar dan kecil, tablet, wearables/produk pakaian, TV, bahkan mobil. Ini ditujukan agar lebih mudah dalam melakukan aktifitas harian anda.

Rahasia Android 5.0 Lollipop
Android 5.0 Lollipop
Design UI 
Android Lollipop dirancang memiliki UI yang keren dan unik, full color, responsif dan konsisten. Dimana dengan kelebihan Responsive tersebut anda lebih mudah menggonta-ganti perangkat android anda, ada banyak sekali perangkat yang didukung oleh Android Lollipop ini. Selain itu dengan adanya fitur Natural Motion juga terdapat Lighting dan Shadow yang sangat realistic, di design dengan warna-warna yang lebih hidup dan cerah, typography yang keren dan professional.

Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android 5.0 Lollipop User Interface
Android Lollipop membawa keunikan tersendiri dalam fitur notifikasi yang ditawarkan, dimana anda bisa mengaturnya sesuai keinginan tanpa perlu ribet. Selain itu anda juga bisa merespon pesan yang masuk meskipun smartphone sedang terkunci/Lock Screen, ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam mengelola pesan sensitif dan membantu anda merasa lebih secure. Anda bisa menggunakan mode Priority pada setingan Notifikasi untuk menyaring notifikasi hanya dari orang atau aplikasi yang anda inginkan. Notifikasi panggilan masuk tidak akan mengganggu momen saat sedang main game atau nonton video. Tapi anda tetap bisa memilih untuk menjawab atau mengabaikannya.

Kontrol pada Notifikasi sebenarnya dipicu oleh aplikasi itu sendiri, anda bisa memilih untuk menyembunyikan konten, memprioritaskan atau mematikan notifikasinya. Android Lollipop akan memprioritaskan sebuah notifikasi berdasar pada “Siapa yang berkomunikasi” dan “jenis komunikasinya”. Untuk melihat semua notifikasi, anda tinggal menekan bagian atas layar gadget anda.

Baterai
Android Lollipop memiliki slogan "More time playing, less time charging" selain itu juga telah disematkan fitur untuk menghemat baterai gadget anda sampa 90 menit kedepan. Juga terdapat notifikasi kapan harus mengecas lagi, berapa lama waktu tersisa untuk mengecas akan ditampilkan, dan itu sudah tersedia di menu Battery Settings.

Keamanan dan Kenyamanan
Perangkat baru Android Lollipop sudah menyediakan fitur Enkripsi otomatis untuk mengamankan data anda dari kehilangan maupun pencurian. Selalu gunakan Android Smart Lock untuk kemanan dasar. SELinux menerapkan keamanan untuk semua data dan aplikasi dari celah kemanan, virus maupun malware.

Device Sharing / Berbagi Perangkat
Android Lollipop telah mendukung banyak pengguna/Multiuser, anda bisa mengakses smartphone anda di smartphone lain. Anda bisa meminjamkan gadget anda tanpa khawatir data anda dalam masalah, sebab dengan adanya fitur Screen Pinning, anda dapat membuatkan layar baru dan aplikasi default khusus untuk user lain, sehingga mereka hanya bisa mengakses yang telah anda siapkan tersebut. Selain itu anda juga lebih mudah untuk berbagi pesan, photo, contact, aplikasi, dan lain-lain tanpa rasa khawatir.

Baca juga yah - Cara Menangani iOS 8 Bermasalah

Fitur Baru Quick Setting
Dengan fitur Quick Setting anda akan lebih mudah untuk mengakses hotspot, Bluetooth, Wi-Fi dan lain-lain. Anda bisa melakukan hal diatas hanya dengan menggesekkan jari 2 kali dari atas ke bawah.

Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android 5.0 Lollipop Settings
Koneksi
Android Lollipop menawarkan koneksi internet yang lebih baik tanpa trouble dan kemampuan Bluetooth hemat energi.

Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android Lollipop Performance Support
Kinerja
Android Lollipop membuat sebuah pendekatan baru yang disebut ART, ART dirancang dengan kinerja yang lebih cepat sampai 4 kali lebih kenceng, UI yang lebih hidup dan berwarna, komputasi yang lebih pintar dan halus serta responsive dan ketersediaan aplikasi yang lebih banyak. Selain itu Android Lollipop juga mendukung perangkat 64 bit seperti Nexus 9, mendukung SOCS 64 bit menggunakan ARM x86 dan MIPS. Kemampuan teknologi Java murni yang menjalankan aplikasi 64 bit secara otomatis, Pengiriman 64 bit aplikasi seperti Chome, Music, Gmail, Calendar, Google Play dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android L Monitor
Media
Android Lollipop menawarkan kemampuan Graphis yang lebih baik untuk Audio dan Video serta kemampuan kamera yang lebih professional memungkinkan anda untuk mengcapture frame resolusi tinggi sekitar 30fps, mendukung format YUV dan Bayer RAW, kontrol pengaturan capture sensor, lensa, dan frame serta mampu menangkap noise dan informasi optic. Teknologi video dengan dukungan HEVC yang memungkinkan anda memutar video UHD 4K, video tunnel kualitas tinggi untuk Android TV dan dukungan HSL untuk streaming. Dengan teknologi OpenGL ES 3.1 membawa Android ke garis depan mobile graphics sejajar dengan kinerja komputer desktop dan konsol game. Memberikan dukungan multi channel audio hingga 8 channel termasuk 5.1 dan 7.1, selain itu dukungan USB audio seperti mikrofon, speaker, amplifier dan mixer dan lain sebagainya bisa terhubung ke perangkat Android anda. 

Akses Informasi Lebih Mudah
Anda dapat mengakses informasi meskipun layar gadget anda tidak aktif/mati/sleep, anda tinggal mengatakan “OK Google” pada perangkat yang mendukung pemrosesan sinyal digital seperti Nexus 6 dan Nexus 9.  Google akan memberikan jawaban dengan cepat, mengirim pesan, mendapatkan petunjuk hanya dengan mengatakan “OK Google” ke gadget anda.
Android TV
Seperti dikatakan diatas, Android Lollipop juga tersedia untuk TV. Dengan sedikit browsing anda dapat menonton berbagai movie dan acara TV yang direkomendasi Android. Anda juga bisa mengontrolnya dengan menggunakan suara untuk melakukan pencarian di Google Play, Youtube dan aplikasi yang didukung. Anda
juga bisa memainkan game di TV dengan gamepad/joystick, selain itu dengan dukungan Cast Google anda dapat menangkap berbagai aplikasi seperti aplikasi hiburan favorit dan masih banyak yang lain.

Aksesibilitas
Android sudah melalukan banyak perhitungan masalah aksesibilitas ini, sehingga dalam versi terakhir ini blind teks dan kotras teks ditingkatkan untuk memudahkan pengguna membaca konten. Selain itu Android juga menyesuaikan layar untuk meningkatkan diferensiasi warna. Sudah mendukung 68 bahasa dengan support 15 bahasa tambahan seperti Basque, Bengali, Burmese, Chinese (Hong Kong), Galician, Icelandic, Kannada, Kyrgyz, Macedonian, Malayalam, Marathi, Nepali, Sinhala, Tamil dan Telugu.

More Secrets
  • Dengan menggunakan NFC anda dapat berbagi konten dengan perangkat Android lama anda secara instan dan otomatis. Anda juga lebih mudah dalam mengelola aplikasi-aplikasi pembayaran.
  • Semua settingan baterai, bluetooth, penggunaan data, dan Wi-Fi pengaturan dan fungsi pencarian baru terdapat dalam menu Settings
  • Feedback baru tingkat perangkat untuk perangkat Nexus di Settings->About Phone->Send Feedback
  • Berbagi lebih mudah dengan pilihan dalam menu Share
  • Android Beam memungkinkan Anda berbagi file dengan seseorang di sekitar hanya dengan menekan kedua perangkat bersama-sama
  • Dukungan hardware, perangkat anda akan segera aktif setelah menyentuh layar dua kali
  • Dukungan hardware untuk aksesori keyboard termasuk dukungan untuk multibahasa, inputan Emoji, kunci pencarian, dan perbaikan aplikasi serta sistem kunci chords.
Adapun smartphone yang support Android 5.0 Lollipop saat ini adalah: Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7 (2012 and 2013), Motorola Moto X (first- and second-generation), Moto G (first- and second-generation), Xperia Z, Xperia ZL,  Xperia Z2 Tablet, , Xperia Z3, Xperia Z3v, Xperia Z3 Compact and Xperia Z3 Tablet Compact, Moto G 4G LTE, Moto E, Xperia ZR, Xperia Tablet Z, Xperia Z1, Xperia Z1S, Xperia Z Ultra, Xperia Z1 Compact, Xperia Z2, Droid Ultra, Droid Maxx, Droid Mini, Google Play Edition devices. dan masih banyak smartphone lain yang belum bisa disebutkan.


Untunk informasi lebih lanjut, bisa langsung ke situs Android Offiicial.

Bonus Wallpaper
Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android 5.0 Wallpaper 1
Android 5.0 Lollipop Wallpaper 3
Permen Lollipop

Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru
Android 5.0 Wallpaper 2
Demikian artikel tentang Rahasia Android 5.0 Lollipop Baru kali ini, tunggu update Android pada artikel-artikel selanjutnya. terimakasih, semoga bermanfaat :)

Related article - 22 Cara menghemat battery iPhone disini